Cara Merawat Vinyl Lantai

Cara Merawat Vinyl Lantai ini hampir mirip dengan lantai parket. Maka dari itu ada sedikit persamaan untuk perawatannya. Ketika menggunakan lantai kayu untuk melakukan perawatan yang benar tidak diperbolehkan menggunakan air terlalu banyak yang akan membuat kayu menjadi lapuk, maka perawatan vinyl lantai juga tidak diperkenankan menggunakan air terlalu banyak untuk membersihkannya.

Meski air tidak akan membuat vinyl menjadi lapuk atau jamuran. Lalu bagaimana cara merawat lantai vinyl supaya awet? Sebelum anda mengetahui caranya, maka anda perlu mengetahui bagaimana memilih vinyl yang berkualitas. Anda bisa mendapati berbagai jenis vinyl di pasaran seperti Distributor Vinyl Lantai atau yang ada di toko kami Jual Vinyl Lantai. Bila anda ingin memgaplikasikannya di rumah, maka anda harus benar-benar mengetahui mengenai kualitas dari vinyl yang akan anda gunakan.

Cara Merawat Vinyl LantaiUntuk memilih dan mengecek vinyl yang akan dipilih itu berkualitas atau tidak, maka anda bisa menekuk atau melipat vinyl hingga kedua ujungnya bertemu. Kemudian anda tekan keras di lekukan tersebut. Untuk memeriksa kualitasnya, maka anda bisa mengembalikannya kembali ke bentuk semula tanpa ada yang pecah atau terkelupas dalam hal ini kami menganjurkan membeli prodcut vinyl lantai LG Hausys Flooring

Setelah anda mengetahui dan memilih vinyl LG hausys yang berkualitas, maka kini saatnya untuk anda mengetahui cara merawat vinyl lantai. Berikut ini ada beberapa cara merawat lantai vinyl supaya lebih tahan lama.

Cara Merawat Vinyl Lantai Supaya Lebih Awet

  1. Usakan untuk menyapu lantai setiap hari

    Menyapu lantai merupakansalah sah satu cara merawat lantai vinyl, ini berguna untuk membersihkan kotoran-kotoran yang bersifat kering seperti debu, rambut, remah-remah makanan, kertas, dan benda-benda lain yang dapat dikategorikan sebagai sampah. Selain untuk kebersihan, menyapu lantai merupakan upaya untuk meminimalisasi terjadinya gesekan benda dengan kaki yang dapat menyebabkan permukaan lantai jadi tergores-gores.

    Sapu seluruh permukaan lantai hingga benar-benar bersih, termasuk pada bagian- bagian yang sulit dijangkau atau jarang terperhatikan seperti kolong ranjang atau celah antara lemari dan dinding. Debu atau kotoran-kotoran mikro seperti bangkai serangga, telur semut, dan remah makanan yang dibawa semut paling banyak ditemukan pada bagian-bagian tersebut. Bila dibiarkan terlalu lama dapat meninggalkan noda yang cukup sulit dibersihkan

  2. Gunakan Vacum Cleaner Untuk Sedot Kotoran di Lantai

    Cara atau tips membersihkan lantai vinyl juga bisa dengan menggunakan mesin penyedot debu/kotoran yang dikenal dengan istilah vacuum cleaner. Cara ini bagus diterapkan sebelum lantai dipel. Vacuum cleaner bekerja lebih efektif menyingkirkan partikel debu terkecil sekalipun lebih dari apa yang dapat dilakukan oleh sapu. Apalagi saat ini vacuum cleaner tersedia dalam berbagai model yang dapat memungkinkan alat bekerja pada tempat-tempat yang sulit dijangkau sekalipun. Agar vacuum cleaner dapat bekerja lebih maksimal, gunakan mode bare floor atau matikan mode beater bar.

  3. Pel Lantai Dengan Menggunakan Cairan Pembersih Ringan

    Sebagaimana lantai pada umumnya, lantai vinyl juga perlu dipel setiap hari atau minimal 2hari sekali. Lantai termasuk tempat yang paling disenangi kuman dan bakteri. Oleh sebab itu, lantai perlu dibersihkan dengan cairan pembersih. Hanya saja, hati-hati dalam penggunaancairan pembersih untuk lantai vinyl. Pilihlah sabun pembersih dengan kandungan kimia ringan.

    Lantas bagaimana cara kita membedakan antara cairan pembersih lantai berbahan kimia ringan dengan keras? Cara yang paling mudah ialah dengan mengendus aromanya. Cairan pembersih lantai ringan dapat dikenali dari aromanya yang lembut dan menyegarkan, seperti aroma buah- buahan atau bunga. Cairan pembersih lantai seperti ini memang kurang andal menghilangkan noda membandel, tapi cukup aman digunakan setiap hari tanpa merusak tekstur permukaan lantai.

    Sedangkan cairan pembersih lantai dengan kandungan kimia keras memiliki aroma yang tajam seperti karbol. Bahkan jika dituang secara samar kita dapat melihat gasnya keluar. Kemampuannya merontokkan kotoran membandel memang tidak perlu diragukan. Tetapi sifat abrasive dari kandungan kimia yang dimilikinya jelas dapat membuat permukaan lantai vinyl mengelupas.

Demikianlah ketiga cara merawat dari lantai vinyl yang sudah atau akan diterapkan pada rumah anda. Semoga artikel ini bermanfaat.